Laman

Rabu, 19 Oktober 2011

Pulau Seribu (Pramuka, Semak Daun, Air)

Pulau seribu berlokasi di Utara Jakarta. Mungkin lebih tepatnya disebut Kepulauan Seribu karena terdiri dari banyak sekali pulau, makanya dinamain Pulau Seribu.
Anehnya, karena terlalu kecil-kecil mungkin sampe di Google Maps ga ada penampakannya sama sekali!
Padahal sebenernya beginilah posisi pulau-pulau tersebut. 


Kawasan resort ada di Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Kotok, Pulau Putri, Pulau Sepa, Pulau Pelangi, Pulau Pantara dll dimana sudah ada dan dikelola oleh instansi/management tersendiri yang menawarkan paket-paket dengan harga minimal Rp. 700.000 untuk pulau terdekat.

Pulau yang dibuka umum adalah Pulau Tidung dan Pulau Pramuka. Keduanya dijadikan lokasi penginapan bagi para pengunjung Pulau Seribu. Para pelancong yang ga pengen ikutan tur bisa memilih dua pulau ini.

How to Get There:

Dari Muara Angke, naik kapal *kapal ojek (biasanya bersama warga lokal dan segala barang bawaannya, karena supply untuk Pulau memang harus dibawa dari Jakarta)
Trayek kapal berbeda-beda, M. Angke - Pulau Tidung / M. Angke - Pulau Pramuka.
Tarif: Rp. 30.000- Rp. 35.000
Berangkat Pukul 6.30 - 07.00 pagi, dan 13.00 (Jangan sampe ketinggalan, lebih baik dateng lebih cepet)
Lama perjalanan: 3,5 - 4 jam.
Notes: Hati-hati terhadap Hawkers atau penipu. Mereka sebenernya cuma menyuruh kita membeli karcis retribusi/asuransi dan bilang bahwa semua yang akan naik kapal ojek harus membeli karcis di kantor tersebut. *Saya ga beli itu dan nyampe2 aja di Pulau Seribu. Walaupun sampe sekarang ga tau harga karcis dan kegunaannya. - Ada yang bisa bantu?

Kapal ga proper, terbuat dari kayu, diisi oleh beban yang cenderung berlebihan. Life jacket bukan untuk dipakai penumpang tapi untuk alas tidur para penumpang yang adalah warga lokal.


Dari Marina Ancol, Dermaga Marina Ancol berada di dalam Taman Impian Jaya Ancol Jakarta. Untuk masuk ke area dermaga, pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket masuk, saat ini sebesar Rp. 12.000 per orang dan kendaraan Rp. 12.000 / mobil
Cari kapal penumpang yang berangkat ke Pulau Pramuka (Kapal Lumba-Lumba atau Kapal Kerapu).
Kapal ini agak tentatif berangkatnya, karena nunggu kuota penumpang terpenuhi dan kabarnya ga dibenahi dengan baik karena ini milik pemerintah dan pengoperasiannya pake dana APBD -_____-

Penginapan:
Penginapan di Pulau Pramuka berbentuk 1 kamar besar, 4 tempat tidur single dijejer dibawah, AC, TV, kamar mandi dan toilet didalam, seharga Rp. 300.000, nyaman untuk di share ber 6, tapi kalo mau boleh silahkan, diatur aja tidurnya ada yang ga dapet di kasur :p
Contact: ...................

Notes:
Listrik di Pulau Pramuka hanya nyala pukul 4 sore - 7 pagi.


Makan:
Banyak tukang jualan, gerobak/rumah makan Padang, warung nasi goreng, dll. Harga berkisar Rp. 10.000 - 20.000
Cafe Nusa (Restoran di tengah laut yang membudidayakan ikan di keramba), bisa dicapai dengan naik kapal ojek.


Snorkeling:
Snorkeling di Pulau Semak Daun / Pulau Air / di tengah2 laut dengan biaya sewa alat snorkel Rp. 30.000 per hari/ per orang dan biaya sewa kapal Rp. 30.000 per hari/ per orang. Jasa penyewaan kapal dan alat snorkel banyak ditawarkan di sekitar dermaga Pulau Pramuka. Tinggal pilih2 dan nego aja, ambil trip snorkeling lebih murah kalo 2 hari. Biar puas sekalian! Bisa juga minta dianter ke Pulau lain yang dinginkan, tapi jangan lupa nego dulu sama Bapak nahkoda / guide kapalnya.
Contact: Bapak ......

Snorkeling trip 1 pertama di Pulau Semak Daun, *bisa camping juga lho disini,
Pulau kecil tapi indah banget. Saya sempet kelilingin 3 puteran hehe






Daftar kasar rincian harga:
Kapal dari Muara Angke : Rp. 30.000
Penginapan: Rp. 50.000
Makan siang + malam, snack, minum : Rp. 60.000
Snorkeling + sewa kapal : Rp. 120.000
Kapal Lumba-Lumba : Rp. 30.000

Total : Rp. 290.000

Tidak ada komentar: