Laman

Sabtu, 14 Januari 2012

BACKPACKING Tips - Bali, Lombok, Komodo

Just my 2 cents, TIPS backpacking ala solo traveller wannabe bolang bonek bosenan boboho,
*semua ini cuma berdasar pengalaman saya, jangan diikutin semua, kenapa? karena kalo ketauan guru dikasih nilai 0! hehe jajaja? yus.

Bawa ransel/backpack! Ransel akan selalu menang deh pokoknya. Usahakan muat dan bawa 1 ransel aja, bahkan siapin space kosong buat bawa oleh-oleh sekedarnya. Dengan ransel di punggung, kedua tangan bebas ngapain aja.

Pakailah celana/kaos yang ada kantongnya, coba liat-liat kaos RUMBA, *promosi boleh dong :p supaya meringankan bawaan seperti korek dan rokok bagi yang ngerokok, atau HP, kunci hotel, dsb.



Untuk daerah tertentu, ada beberapa sinyal provider yang belum masuk, jadi sim card provider tertentu gak bisa dipake atau bisa dipake tapi sinyalnya agak jelek. Saya sarankan beli dan aktifkan 1 nomor Telkomsel, kartu AS, karena kalo udah mencapai penggunaan tertentu nomor itu akan terus aktif, gak pake masa tenggang/masa aktif dan simpen nomornya buat travelling selanjutnya. Anggaplah investasi travelling dan sebut saja nomor travelling :p

”I’m travelling now, contact to my travelling number” Ah gaya abes.

Jangan lupa lapisin, lapiskan, kue lapis, ransel. Maksudnya sebelum masukin barang-barang kita, masukin dulu kantong plastik seukuran ransel, baru masukin barang-barang kita kedalamnya. Jadi kalo kena air, keujanan, disiram orang, diceburin, dan sebagainya barang-barang kita yang didalem tas aman dan gak basah. Kalo cuma pake rain cover kan bisa rembes dari badan kita.. Kalo udah dilapisin plastik begini kan paling ranselnya aja yang basah, tapi dalemnya aman.

Untuk peralatan mandi dan obat-obatan saya taro didalem sebuah plastik, bukan pouch. Kan fungsinya sama aja. Tujuannya si ngirit tempat aja.

Siapin satu plastik untuk naro pakaian kotor.

Bawa biskuit untuk ganjel perut kalo laper. Buat yang punya maag akut kayak saya, makan tiap 2 jam, dikit-dikit aja, yang penting perut diganjel. Biskuit rekomendasi saya BISKUAT susu.


------------------------
TIPS PENTING SOAL UANG DAN KEAMANANNYA

Belajarlah dari kesalahan saya, huhu
Menggantung dompet dileher pake tali bukanlah hal yang baik dan benar karena beresiko jatoh! Pakailah money belt. Bentuknya kayak gini,


Tas badan yang dipake di badan sebelum pake baju. Aman seaman-amannya karena bentuknya dan cara pakainya yang gak mungkin lepas kalo gak dilepasin. Nah biar gak ribet, ya itu tadi, siapin uang secukupnya sebelum kita keluar dari penginapan dan melakukan perjalanan. Jangan bawa uang cash banyak-banyak kalo tempat tujuan kita punya ATM. Bawa uang pun taronya dipisah-pisah di beberapa tempat.

Scan semua kartu identitas, KTP, Paspor, dan surat-surat penting dan simpen file di Google Docs (buat yang belum tau apa itu Google Docs, googling ya) jadi bisa diakses kapan aja selama ada internet. Selain itu, fotokopi beberapa kali, simpen satu di tas, satu di dompet, dan ditempat-tempat yang sekiranya dibutuhkan.

Jangan bawa gadget dan HP yang terlalu mahal atau what so called smartphone tapi sinyalnya sama aja begonya. Gak reliable banget. Siapin 1 HP yang bisa nelpon dan sms dan pasti bisa diandalkan, gak dikit-dikit keluar jam pasir :p

Beli gembok kecil biasanya dikasih 2 kunci. Kasih gantungan di kunci, soalnya kuncinya kecil banget. Simpen yang 1 di money belt (dompet) dan satu lagi kalo bisa dikalungin aja, tapi yang kuat iketannya.

Atau pake gembok yang kombinasi angka. Asal jangan lupa aja.

Jangan lupa berdoa, minta restu dan doa dari orang tua, keluarga, teman setiap saat.

COBA hal baru setiap ada kesempatan. Cobain makanan khas setempat, cobain salah satu cara hidup warga lokal, bertemen sama mereka. Be nice to people and they’ll be nice to you too. Maksudnya disini itu ramah, murah senyum, jangan sombong, liat-liat situasi dan ikuti kata hati aja kapan harus bersikap. Misalnya diajak ngobrol sama strangers, you know the limit and when it’s time to stop the conversation, abis itu pamit dengan sopan aja. 

Terakhir, ENJOY EVERY MOMENT OF YOUR JOURNEY namun tetap harus berhati-hati, aware/ eling.

Sekian, semoga usaha saya begadang duduk depan komputer sampe encok bermanfaat bagi kalian semua!*cari Counterpain


Tidak ada komentar: