Halaman

Sabtu, 14 Januari 2012

BACKPACK Bali - Lombok - Komodo Trip

Sekedar info, share pengalaman dan tips packing kecil-kecilan,

Keseluruhan dari trip Bali – Lombok - sailing Komodo ini, saya cuma bawa 1 ransel dari bahan kanvas. Awalnya saya bawa backpack Deuter 28 liter saya karena saya bawa kamera DSLR, tapi setelah saya pikir-pikir terlalu riskan kalo saya bawa-bawa DSLR *dan saya belum tau medannya. Jadilah saya pulangkan si Bello beserta baju-baju yang udah gak dipake dan yang belum kering, semua masuk ke backpack 28liter saya dan diterbangkan ke Jakarta duluan bersama kakak-kakak saya. Packing menuju trip selanjutnya pagi-pagi jam 4, baju pada belum kering, alhasil muat di ransel Baggu canvas saya ini. Yasudah, makin ringan bawaannya kan makin asik. Jadilah saya selama trip sailing dan trip di Lombok cuci baju dan jemur tiap hari dikamar hoho baju saya juga kalo diperhatiin itu-itu aja :p yang penting bisa dipake dan dicuci kok walaupun kadang dipake 2 kali baru dicuci!

Total bawaan saya:

Kaos *saya pilih kaos-kaos yang bahannya tipis, lengan pendek, soalnya saya gak suka pake tanktop. Kenapa kriterianya begini? Biar ga boros tempat dan kalo dijemur cepet kering. Total saya bawa 3 kaos dan 1 kaos buntung model kaos Baba merk SWAN (bukan tanktop)

1 buah celana ¾, bagusnya si celana kargo yang ada kantong-kantongnya untuk nyimpen uang atau barang-barang penting tapi ribet kalo dimasukin ke tas. Jadi sebelum jalan keluar penginapan, siapin uang-uang untuk keperluan transport, makan, jajan, masuk tempat-tempat wisata, dll jadi gak perlu buka-buka dompet. Kenapa ¾? Soalnya biar aman, sopan, gak mengundang penjahat. Kenapa gak celana panjang, Cel? Ya biar gaya aja 3/4 :p

1 celana pendek berkaret pinggang, bahan rada parasut-parasut nylon gitu (biar cepet kering dan bisa dilipet-lipet ampe kecil). Kenapa karet Cel? Ya biar bisa melar, siapa tau travelling bikin perut buncit :p

1 celana pendek untuk tidur dan kegiatan sehari-hari.

1 set bikini dan celana renang (fyi, celana renang saya terbang pas dijemur di kapal, pastikan pakaian Anda dijepit pake jepitan jemuran! Soalnya tiba-tiba angin dateng dan menghempas celana renang saya itu huhu

4 pasang pakaian dalam, Bra gak terlalu kepake karena namanya mantai ya pake bikini aja terus buat jadi daleman. Bikini juga cepet kering kok, jadi bisa cuci-kering-pake lagi.

1 buah kemeja/luaran bahan nylon (Untuk nutupin diri dari panas, atau kalo lagi pengen agak sopan)

1 buah sarung Bali besar (Untuk alas kasur/bantal *siapa tau seprainya jorok/kotor. Alas boboan di pantai)

1 buah sarung Bali agak kecil (Untuk jadi handuk, penutup kalo cuma lagi pake bikini doang trus pengen jalan-jalan, *buat orang-orang yang kurang pede jalan2 pake bikini doang!)

1 buah handuk tangan (Handuk mah gak penting, pake sarung Bali aja, cari yang agak tipis.. nih punya saya, cepet keringnya.)

1 rain cover untuk tas.

1 buah sendal jepit merk Havainas saya yang strap karet sebelah kanan udah putus. Kenapa sebut merk? Karena udah 3 taun saya pake sendal ini kemana-mana, nyaman, dan awet kan? Yah gak sia-sia lah beli mahal-mahal. Terbukti sendal saya kuat dan saya selamet pake sendal ini doang tiap hari, bahkan sampe trekking, hiking *bukan rute berat ya. Cuma ya karena udah tua juga nih sendal karet bawahnya udah mulai aus dan agak licin. Untung kuda-kuda kaki saya kuat nahan kalo trekking turunan :p

 
- Obat-obatan (Untuk obat generik gak usah bawa banyak-banyak, sedikit saja untuk keadaan darurat/ pertolongan pertama, karena kalo abis bisa beli, dimana aja ada selama Anda gak travelling ke pelosok belantara)
-         Promaag
-         Panadol
-         Vicks Vaporub
-   Counterpain (Penting banget buat olesin di badan dan sendi-sendi biar melegakan sakit karena kebanyakan jalan kaki dan gendong ransel)
-         Koyo Salonpas. Ya mirip-miriplah fungsinya sama Counterpain.
-    Tolak Angin cair, wajib hukumnya diminum minimal 1 kali sehari, sebelum memulai aktivitas. Kalo kira-kira butuh boleh diminum lagi. (Ya namanya kita orang Indonesia suka banget masuk angin, gak heran bule nyebutnya ”common cold”, ya demam-demam biasalah haha
-         Minyak angin aromatherapy, sebut merk: SAFE CARE!
Kenapa Safe Care? Wanginya enak dan khasiatnya cukup manjur, wanginya cukup strong dan panas-panas dingin mentholnya berasa banget.


Peralatan mandi, perawatan dan kebersihan tubuh.
-     Sampo dan sabun cair. Saya sarankan bawa sampo yang sachet. Praktis, gak makan tempat. Atau kalo mau beli ditempat dan pilih kemasan yang cukup untuk dipake (kalo bisa pas sampe habis) selama kita menetap di satu tempat. Untuk sabun, saya belum nemu versi sachet si, makanya saya gak bawa sabun, dan gak beli. Gak tau kenapa, rasanya ogah aja beli sabun.
-      Sikat gigi dan pasta gigi. Pasta gigi bawa yang ukuran kecil aja *tapi gak yang sekecil pasta gigi di hotel itu si, itu mah sekali pake abis. Ada kok yang 20ml.


-         Charger, charger Blackberry, charger iPod, charger Nokia.
-        Buku bacaan. Berguna banget untuk dibaca pas perjalanan, pas mau bobo, pas gak ada kerjaan, pas santai-santai di pantai, dan lain-lain.
-        Sunglasses (Jangan bawa yang mahal-mahal kalo gak bisa ngejaganya, kalo iseng nyesek lho, beli aja Rayban Rayban an, kalo ilang ato ketinggalan ya tinggal beli lagi, kecuali situ emang tajir melintir kesamber petir)
-         Sunblock (Punya saya merk ROC SPF 40) saking bagusnya itu sunblock sampe kalo dipake susah diratain dan jadi kayak ada lapisan putih di kulit. Bawa aja yang jenis packaging tube, jangan yang botol. Sedikit space di tas itu berharga banget lho. Sama berharganya sama lahan kosong di Jakarta.


Sekian dulu, masih ada beberapa tips backpacking dari saya, seperti biasa, next post ya!

Tidak ada komentar: