Halaman

Rabu, 03 April 2013

Singapore 3D2N Itinerary Wisata Singapur

Bombardir tiket murah dari berbagai budget airlines rute Jakarta-Singapura akhirnya membuat saya menginjakan kaki disana untuk pertama kalinya, bersama dua orang teman saya Lala dan Cacil.

Berikut catatan perjalanan singkat saya selama 3 hari 2 malam di Singapura, karena biaya hidup di Singapore yang cukup mahal dan budget yang cuma Rp. 2 juta + tiket bikin kita harus travelling secara efektif. Backpacker Budget Singapore Trip.



DAY 1

Berbekal tas ransel dipunggung, cukup untuk 3 hari (karena tiket pesawat murah biasanya tanpa bagasi) kami pun berangkat pagi dari bandara Soekarno Hatta. Setibanya di Singapur kami langsung cari MRT station di Changi Airport dan beli EZ Link Card (biar gak ribet beli-beli one way ticket) karena setelah riset antara EZ Link dan Tourist Pass, saya merasa EZ Link lebih fair, kita bayar apa yang kita pake, lagian masa berlaku kartu EZ Link itu 5 tahun, bakalan bisa diisi (top-up) dan dipake lagi kalo kita pergi ke Singapur ataupun sekedar transit. Sedangkan Tourist Pass kartunya gak bisa dibawa, boleh kita bawa tapi uang deposit melayang.
Tujuan kami selanjutnya adalah ke hostel yang udah kami booking (Woke Home Capsule Hostel). Woke Home memiliki konsep tempat tidur berbentuk kapsul. Kecil cuma buat tidur doang. Karena penasaran pengen nyobain dan pada waktu itu booking lewat booking.com lagi diskon ( @20sgd permalam include breakfast *murah jika dibanding dengan capsule hostel lainnya), pertimbangan hostel yang gak campur cewe-cowo dan lokasinya yang strategis di daerah Clarke Quay kita pun booking untuk 3 orang 2 malam. Perjalanan dari Changi menuju Clarke Quay cukup lama juga, dan kita jadi turis diantara citizen Singapore yang lagi commute.
Sampe di hostel waktu itu sudah menjelang sore. Setelah check in, naro barang di loker, kita pun lanjut cari makan sekalian mau COD tiket USS (sebelumnya saya udah browsing di kaskus dan yang paling cocok dihati sama sis Fransiska karena COD langsung di Singapore, tiket pasti issued, open date, dan dalam bentuk fisik. RECOMMENDED! *karena puas saya bantu promosiin ya sis :p) Lokasi COD di MRT Orchard, karena sudah menjelang makan malam kita pun makan dulu di ION foodcourt dan muter2 didalem Mall sekitaran Orchard untuk belanja dan liat-liat Uniqlo, Rubi, dll


Setelah selesai COD, kita lanjut mau nonton pertunjukan gratis Spectacular Light and Water Show di Marina Bay Sands. Jadwalnya setiap hari pukul 8.30 pm dan 9 pm. Untuk weekend ada jadwal tambahan yaitu pukul 11 pm. Silahkan cek ulang atau googling ya. Lumayan nonton show yang gratisan aja.


Setelah show selesai kita strolling the night, jalan di Helix Bridge.


DAY 2

Pagi-pagi kita mampir sebentar ke IKEA Alexandra sebelum berlanjut ke USS. 


Karena menurut pengalaman Lala dan Cacil ke USS bisa dari siang sampe tutup aja. Dan memang cukup, dan puas juga.

  
yah kan narsis

Pulang dari USS kita makan malem di Spize
sesuai rekomendasi dari Cacil  dan sodaranya yang sering kesitu demi makan Roti John Mutton dan Ice Lychee nya. Karena jujur nyari makan di Singapura itu susah-susah gampang, apalagi nyari yang halal dan murah. Spize ini terkenal di kalangan mahasiswa Indo di Singapore. Menunya banyak, buka dari sore kayaknya dan kalo udah malem bangku-bangkunya sampe ke trotoar! Kita makan sampe kekenyangan.. abis itu pulang naik MRT terakhir.
 

DAY 3

Karena sorenya kita udah harus ada di Changi untuk penerbangan malam pulang ke Jakarta,
hari ketiga kita jadwalnya untuk ke Red Dot Museum, yang awalnya dijadwalkan pas hari pertama tapi kita kelupaan bahwa Red Dot Museum tutup hari Rabu dan Kamis. Hiks. Batal deh. Kita juga menyempatkan diri ke Merlion *soalnya ga afdol kalo ke Singapore belom foto disitu katanya.

Rencana kita selanjutnya adalah makan di Hawker Stall Area terkenal di Maxwell Road yang ternyata lagi renov juga. Akhirnya kita main ke National Museum of Singapore. *inget untuk bawa Kartu Pelajar karena yang dengan kartu ini ada benefit di beberapa tempat, termasuk ke Museum ini include Pameran-pameran yang lagi digelar.





Setelah kelar menjelajah museum, kami mau cari makan, sesuai info yang didapat Hawker Stall terkenal lain berada di Chinatown *tapi entah mengapa makan siang pada waktu itu kebanyakan stall tutup :( 


dan kami pun kebingungan mau makan apa. Akhirnya setelah muter2 Chinatown sambil liat-liat, dan desperate karena ga nemu tempat makan yang sreg, kita memutuskan untuk balik dulu ke Hostel, ambil ransel, baru cari makan dan langsung ke Changi Airport. Karena dari Chinatown ke Hostel di Clarke Quay cuma 1 station akhirnya kita jalan kaki, sebenernya ga jauh-jauh banget, tapi TERIK nya itu lhooo.  Terlampau lapar, kami pun langsung menghampiri station MRT Clarke Quay dan cari makan apapun yang ada disitu, TIPS: Ternyata, basement station MRT itu surgaaaa makanan. Foodcourt gede banget dengan berbagai pilihan makanan yang enak-enak. Tapi pas makan siang rame sama orang-orang kantor makan siang. Kalo bingung mau makan apa, coba cari di stasiun MRT yang biasanya terintegrasi sama gedung pertokoan.

BYEEE WOKE HOME CAPSULE HOSTEL
 


Changi Airport gede banget dan ada apa aja. Waktu itu kita ngambil buku guide Changi, dan memutuskan untuk liat Sunflower Garden. Jadi dengan niat walaupun kaki rasanya udah mati rasa karena jalan-jalan terus, kita ke Terminal 3 naik Sky Train buat liat Sunflower Garden trus balik lagi ke Terminal 1.



TIPS:
- Browsing atau riset sebelum jalan. Banyak banget info di internet dan Singapore punya website guide buat tourist. Bahkan aplikasi smartphone. Simpen juga peta jalur MRT di HP just in case gak punya akses internet dan harus memanfaatkan wifi hostel sebaik-baiknya untuk mencatat rute. (Maka itu perlu juga merencanakan destinasi sebelum jalan). Kemampuan baca peta dianjurkan, apalagi kalo gak ada internet dan GPS ga nyala.
- Cek event yang lagi berlangsung di Singapore. Kemarin kita kelewatan Lego Art Show di Museum Art and Science :(
- Singapore punya beberapa hal yang ditawarkan buat turis, silahkan sesuaikan sendiri dengan interest dan budget mau explore apa dan cari review/info mana yang worth it (dengan harganya) mana yang engga. Kayak atraksi-atraksi Singapore Flyer, Garden By The Bay (katanya si bisa dinikmati dengan jalan-jalan disekitarnya aja, gratis ga usah beli tiket masuk), dan wahana-wahana di Sentosa Resort World yang sangat menggiurkan tapi yah lagi-lagi harus disesuaikan dengan budget.


SEKIAN CATPERPEN KALI INI. SEE YAAAA


2 komentar:

Anonim mengatakan...

waah.. Terima kasih atas infonya.. :)

Marselina Agusta mengatakan...

Sama-sama, semoga bermanfaat :)